Profil Lulusan

 

PROFIL LULUSAN DESKRIPSI PROFIL LULUSAN
1 Calon pendidik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang keahlian Komputer dan Jaringan, Multimedia, ataupun Rekayasa Perangkat Lunak Sarjana Pendidikan Teknologi Informasi yang memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran berbasis keilmuan, karakter dan inovasi  dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi / menganalisis secara kritis dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada, untuk meningkatkan mutu dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi.
2 Peneliti di bidang Pendidikan Teknologi Informasi Sarjana Pendidikan Teknologi Informasi yang mempunyai kemampuan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kegiatan kependidikan berlandaskan dasar keilmuan kependidikan dan etika profesional, dan mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, menganalisis dan mengevaluasi secara kritis dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk penelitian di bidang Pendidikan Teknologi Informasi.
3 Enterpreneur dalam bidang Teknologi Infomasi dan Komputer Sarjana Pendidikan Teknologi Informasi yang memiliki kemampuan menjadi enterpreneur secara kreatif dan inovatif yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi, dengan menciptakan lapangan pekerjaan di bidang pendidikan, pelatihan, ataupun event organizer sebagai partisipasi dalam membangun sumber daya manusia yang mandiri.
4 Instruktur / Tutor dalam industri atau lembaga kursus bidang Teknologi Informasi dan Komputer Sarjana Pendidikan Teknologi Informasi yang mempunyai kemampuan berpikir kritis dan logis tentang konsep dasar teknologi informasi baik teori maupun praktik, serta memahami konsep dalam organisasi pelaksanaan kegiatan (event), khususnya pada bidang teknologi informasi dan dapat memanfaatkan teknologi dan komunikasi sebagai pendukung kemampuan dasar bidang teknologi informasi.

Capaian Pembelajaran

Aspek Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa
  4. Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan
  5. bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban
  6. berdasarkan Pancasila
  7. Dapat bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  8. Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  9. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  11. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

 

 

Aspek Pengetahuan

  1. Menguasai Al Islam dan kemuhammadiyahan sebagai nilai – nilai dasar dalam kehidupan
  2. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Teknologi Informasi dan Komputer (TIK)
  3. Mampu menguasai konsep dan prinsip didaktik pedagogik bidang informatika untuk melaksanakan pembelajaran
  4. Mampu menguasai metodologi penelitian di bidang informatika
  5. Mampu menguasai dasar – dasar matematika untuk penelitian dan pengembangan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK)
  6. Menguasai dasar – dasar algoritma dan pemrograman untuk membantu memecahkan masalah
  7. Mampu membuat dan mengimplementasikan perangkat lunak multimedia pembelajaran
  8. Mampu merancang, merekayasa, dan mengimplementasikan perangkat lunak
  9. Menguasai dasar–dasar sistem komputer dan jaringan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah
  10. Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dan kemampuan komunikasi publik

 

Aspek Ketrampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks
  6. penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  7. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  8. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  9. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  10. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

Aspek Ketrampilan Khusus

  1. Mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogik
  2. Teknologi Informasi dan Komputer untuk merencanakan
  3. pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi yang berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills)
  4. Mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogik
  5. Teknologi Informasi dan Komputer untuk melaksanaan
  6. pembelajaran aktif, kreatif dan inovatif, dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis Teknologi Informasi dan berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills)
  7. Mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogik
  8. Teknologi Informasi dan Komputer untuk melakukan evaluasi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi yang berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills)
  9. Mampu Merencanakan dan melaksanakan penelitian sebagai tindakan reflektif dan evaluatif.
  10. Mampu memanfaatkan hasil-hasil penelitian Teknologi Informasi dan Komputer/pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer untuk menyelesaikan masalah dibidang pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer.
  11. Mampu mempublikasikan dan mendesiminasikan hasil-hasil penelitian Teknologi Informasi dan Komputer /pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer kepada kolega dan masyarakat
  12. Mampu mengimplementasikan teori dan analisis rekayasa
  13. perangkat lunak
  14. Mampu mendisain, membuat dan mengimplementasikan
  15. perangkat lunak multimedia pembelajaran
  16. Mampu dan memahami pengelolaan sistem administrasi basis data